Jumat, 28 Desember 2012

Penyegaran Fasilitator Kecamatan

Dalam rangka memberikan peningkatan kapasitas fasilitator kecamatan PNPM Mandiri Perdesaan, maka dalam kegiatan Rapat Koordinasi Kabupaten (Rakorkab) perlu ditambahkan materi terkait Penyegaran Fasilitator Kecamatan (Pemberdayaan dan Teknik).  Pelatihan Penyegaran Fasilitator Kecamatan PNPM MPd dimaksudkan untuk merefleksikan dan pendalaman materi terkait tugas dan fungsi pendampingan masyarakat di lokasi tugas. Materi terkait dengan penyegaran yaitu materi umum tentang pemberdayaan masyarakat dan materi tentang kompetensi fasilitator.

Peserta rakorkab dalam rangka penyegaran fasilitator Kecamatan adalah seluruh fasilitator kecamatan yang sudah ikut pelatihan pra tugas dan minimal sudah ditempatkan (bertugas) mulai Agustus 2012. Rakorkab dalam rangka penyegaran fasilitator kecamatan PNPM-MPd dilaksanakan di masing-masing provinsi. Pelatihan dilaksanakan dengan menambah hari rakor untuk kegiatan pelatihan penyegaran fasilitator kecamatan yaitu 2 hari menjadi 9 hari (8 hari efektif) yaitu 2 hari untuk rakor dan 6 hari untuk penyegaran fasilitator kecamatan. Untuk menjaga kualitas Rakorkab dalam rangka penyegaran fasilitator kecamatan PNPM-MPd maka spesialis training provinsi dibantu tim konsultan provinsi bertanggungjawab terhadap pengendalian kegiatan di lapangan.
Pembiayaan pelaksanaan Rakorkab dalam rangka penyegaran fasilitator kecamatan PNPM-MPd melalui dana dekonsentrasi. Kegiatan Rakorkab dalam rangka penyegaran fasilitator kecamatan dikoordinir oleh PjO Kabupaten dan dibantu oleh para Fasilitator Kabupaten.
Pelaksanaan Rakorkab dalam rangka penyegaran fasilitator kecamatan PNPM-MPd di Kabupaten Trenggalek dilaksanakan tanggal 14 sampai dengan 22 Desember 2012 cluster dengan Kabupaten Tulungagung dan Kabupaten Pasuruan bertempat di Hotel Palem Sari Bumiaji Batu. Dengan jumlah peserta sebanyak 88 fasilitator kecamatan dengan rincian 43 fasilitator kecamatan pemberdayaan dan 45 fasilitator teknik. Pemateri / narasumber Spesialis Training provinsi, Fas-Kab Pemberdayaan, Fas-Kab Teknik, Fas-Keu dan Asisten Fas-kab Pemberdayaan / Fas-kab Teknik.

Kunjungan dari Jakarta sempat meninjau kegiatan penyegaran fasilitator kecamatan Bapak Bito Wikantosa didampingi Deputy Korwil Bapak Dedy Teguh dan spesialisi provinsi yaitu pada hari ke 3, 5 dan 6 tepatnya tanggal 16, 18 dan 19 Desember 2012, spesialis provinsi mengisi materi diantaranya spesialis training dan spesialis microfinance.


Semoga apa yang sudah diterima oleh fasilitator kecamatan selama mengikuti penyegaran ini bermanfaat dan menambah ilmu, bisa berguna untuk diri pribadi dan untuk kepentingan masyarakat yang lebih luas dalam proses pendampingan program dengan pola pemberdayaan sehingga tujuan akhir program yaitu kemandirian bisa terwujud dan rakyat hidup makmur adil sentosa.

0 comments:

Posting Komentar