Rabu, 08 Januari 2014

LOKAKARYA DAN PELATIHAN BKAD

BKAD sebagai sebuah lembaga yang dibentuk atas dasar kesepakatan antar desa di satu wilayah dalam satu kecamatan dengan tujuan untuk melindungi dan melestarikan hasil-hasil PNPM – MP sangat  dituntut supaya mampu melaksanakan tugas pokok dan fungsinya (tupoksi).

Hal itu dikarenakan kemanfaatan hasil PNPM – MP tersebut agar dapat eksis  dengan optimal dan maksimal secara continue di tengah-tengah masyarakat sebagai pemanfaat langsung dari setiap programnya. Sebagai badan kerjasama antar desa, fungsi perencanaan strategis, pengelolaan kegiatan, pengawasan dan evaluasi kinerja telah menjadi tupoksi yang benar-benar harus di realisasikan. 
Dengan tugasnya sebagai pihak pemerhati social tersebut diatas, tentunya harus diiringi pula kompetensi dari setiap pengurusnya. Baik hal itu mulai dari tentang strategi rencana pengembangan hasil program sampai pada evaluasi kinerja lembaga pengelola kegiatan dalam pengelolaan program tersebut. Permasalahan yang semakin bermunculan dalam dinamika kerjanya dan keterbatasan kemampuan setiap pengurus BKAD menjadi kendala dalam hal ini.
 Kompetensi setiap pengurus dalam melaksanakan tupoksinya yang harus di miliki itu hanya bisa dipenuhi melalui pelatihan, baik tentang peningkatan kapasitas pengurus dengan kompetensinya yang dirasa lemah dan kurang kompeten dalam melaksanakan setiap tugasnya maupun tentang pengembangan kelembagaan BKAD itu sendiri.
Kegiatan Lokakarya dan pelatihan ini memiliki tujuan Meningkatkan pengetahuan, sikap dan keterampilan pengurus BKAD dan kelembagaan lainnya dalam pengeloaan dan pengembangan kelembagaan. Hasil dari kegiatan ini adalah kelembagaan di kecamatan yaitu BKAD, UPK dan BP-UPK memiliki rencana strategis dan rencana kerja. Rencana Strategis yang disusun dikembangkan melalui kegiatan analisis SWOT, dari hasil hasil analisis SWOT ini untuk selanjutnya dikembangkan menjadi Rencana Strategis kelembagaan sebagai bentuk rencana jangka menengah kelembangaan. Pada penyusunan rencana kerja (renja) kelembagaan mengembangkan dari rencana strategis.
Lokakarya dan pelatihan BKAD dilaksanakan selama 2 hari pada tanggal 8 dan 9 Januari 2014 bertempat di Balai Diklat Aparatur Pemerintah Kabupaten Trenggalek. Kegiatan Tanggal 8 Januari 2014 diikuti oleh BKAD, BP-UPK dan FK  Kecamatan Panggul, Dongko, Pule, Karangan, Bendungan, Munjungan dan pada tanggal 9 Januari 2014 diikuti Kecamatan Suruh, Tugu, Pogalan, Durenan, Gandusari, Kampak, Watulimo. Materi yang dibahas pada kegiatan ini adalah Peran BKAD dalam pemantauan pelaksanaan dan pemeliharaan sarana/prsarana, Evaluasi Pengelolaan dana Bergulir, Persiapan MAD tahunan, Penyusunan Renstra dan Renja Kelembagaan, Diskusi penyusunan Renstra dan Renja Kelembagaan. Hasil akhir dari kegiatan ini adalah tersusunnya Rencana Strategis dan Rencana Kerja Kelembagaan. 
(Caknoer Fas-Kab Pemberdayaan Kab. Trenggalek)

0 comments:

Posting Komentar