Kamis, 25 Oktober 2012

Semiloka DPRD dan SKPD th 2012

Program Pemberdayaan Masyarakat Mandiri Perdesaan PNPM-MPd diarahkan untuk memperkuat konsolidasi berbagai program pemberdayaan masyarakat desa yang dilaksanakan oleh berbagai departemen/sektor dan pemerintah daerah, lebih dimantapkan dalam harmonisasi/sinkronisasi program guna mewujudkan pemantapan Visi PNPM Mandiri Perdesaan yaitu mewujudkan kesejahteraan dan kemandirian masyarakat miskin perdesaan yang pada akhirnya diharapkan pada akhir program PNPM-MPd diintegrasikan dengan program daerah. Pelaksanaan Semiloka dimaksudkan untuk meningkatkan komitmen eksekutif dalam penanggulangan kemiskinan dan pemberdayaan masyarakat, serta memperkuat koordinasi lintas sektor dalam program pemberdayaan masyarakat maupun penanggulangan kemiskinan dan  bertujuan untuk memperkuat SKPD dan DPRD dalam menyusun rencana kerja pembangunan daerah.
Peserta kegiatan semiloka ini berasal dari berbagai unsur pelaku program PNPM Mandiri Perdesaan Generasi dan lembaga masyarakat. Secara garis besar, peserta kegiatan ini meliputi unsur-unsur sebagai berikut : DPRD, SKPD Kabupaten; Tim Koordinasi PNPM Mandiri Perdesaan  Kabupaten; Pelaku PNPM Mandiri Perdesaan di Kecamatan dan Desa, LSM /Perguruan Tinggi dan Media Massa. Bentuk kegiatan dilaksanakan penyajian materi curah pendapat dan diberikan kesempatan tanya jawab yang dipandu oleh seorang moderator.

Out put dari kegiatan ini adalah 
 1.  Tersosialisasikannya PNPM, hasil-hasil yang telah dicapai selama adanya PNPM-MPd dan Generasi serta strategi sukses pelaksanaan PNPM-MPd dan Generasi
       2.      Persamaan persepsi tentang penanggulangan kemiskinan secara integratif
       3.      Komitmen terwujudnya produk RPJMDes partisipatif
       4.      Nota kesepakatan dukungan legeslatif dan eksekutif termasuk dinas-dinas terkait
       5.      Terlaksananya pembangunan secara merata dan saling melengkapi di tingkat Desa dan Kecamatan.
       6.      Terpenuhinya Dana Administrasi Proyek maksimal 5% dari total pagu dana PNPM-MPd. 
     
     Apresiasi terhadap PNPM MPd dan Generasi karena cenderung bersih, dan melibatkan masyarakat secara langsung mulai perencanaan sampai dengan pemeliharaan sehingga dirasa perlu DPRD mengawal program ini termasuk perlu dipikirkan insentif bagi pelaku program dengan dipenuhinya dana pendamping program dan kesejahteraan masyarakat meningkat.

0 comments:

Posting Komentar