Rabu, 25 September 2013

SOSIALISASI PROGRAM MELALUI KEGIATAN EKSPOSISI


 Kegiatan dalam rangka HUT ke 68 Kemerdekaan RI dan Hari jadi Kabupaten Trenggalek yang ke … merupakan momentum yang cukup dinanti oleh masyarakat, tidak hanya menanti untuk menikmati hiburan, tetapi juga untuk mengetahui perkembangan kegiatan pembangunan.

Kegiatan seperti eksposisi (pameran pembangunan) tidak pernah lepas untuk tidak dilaksanakan, mulai dari tingkat kabupaten hingga kecamatan, namun sayang untuk  tahun ini kegiatan eksposisi yang ditingkat kabupaten tidak dilaksanakan, tetapi di tingkat kecamatan khususnya pada 13 lokasi kecamatan PNPM Mandiri Perdesaan tetap terlaksana.
Kegiatan Eksposisi ini mulai dilaksanakan pada tanggal 15 Agustus 2013 yang dimulai di Kecamatan Karangan dan berakhir pada tanggal 21 September 2013 di Kecamatan Kampak. Kegiatan ini menjadi agenda rutin Panitia PHBN tingkat Kecamatan.
Kesempatan untuk mengikuti eksposisi selalu dimanfaatkan oleh UPK PNPM Mandiri Perdesaan  di seluruh kecamatan dengan menampilkan produk-produk hasil kelompok mitra yang memanfaatkan modal usaha Simpan Pinjam Kelompok Perempuan (SPP) maupun Usaha Ekonomi Produktif (UEP). Seperti eksposisi di  Kecamatan Kampak menampilkan produk kelompok meliputi aneka olahan makanan mulai dari makan ringan tradisonal, aneka kripik ada kripik singkong, kripik tales, kripik gadung, kripik pisang, juga hasil kerajinan berupa anyaman bambo, mereka juga menampilkan hasil pelatihan peningkatan mutu olahan makanan tambahan bagi balita dan anak sekolah yang merupakan bentuk kegiatan PNPM GSC.
Stand eksposisi disamping diisi dengan menampilkan hasil-hasil produk kelompok juga dilakukan pembagian brosur program dan pengelolaan dana SPP,  biasanya juga dllakukan orasi untuk memberikan penjelasan kepada pengunjung tentang PNPM baik Mandiri perdesaan maupun Generasi Sehat dan Cerdas (GSC). Untuk mendukung kegiatan juga ditampilkan foto-foto hasil kegiatan serta tahapan program. Masyarakat cukup antusias untuk mengunjungi stand PNPM Mandiri Perdesaan hal ini tidak hanya terjadi di salah satu kecamatan, tetapi di seluruh kecamatan. Masyarakat merasa tertarik untuk mengunjungi stand PNPM karena  biasanya para pengelola stand PNPM MPd ini cukup kreatif dan mampu menarik pengunjung, bahkan di sela-sela acara para pengelola stand juga menghadirkan music elektone dengan penyanyi local.  




0 comments:

Posting Komentar