Senin, 23 Desember 2013

PNPM datang Petani senang

Jalan merupakan sarana yang sangat penting untuk mobilitas warga masyarakat. Aktifitas seluruh masyarakat mulai dari anak-anak sekolah, para orang tua yang bekerja dan siapapun yang tinggal di sebuah daerah pasti mendambakan adanya jalan yang baik (tidak becek dan berlubang). Yang demikian itu juga menjadi idaman warga Desa Ngrandu Kecamatan Suruh khususnya di dusun Crabak-Guwo dan dusun Babadan.
Berapa tahun lalu jalan di dusun Crabak-Guwo jalannya sangat memprihatinkan, selain karena medannya yang sulit, sempit lokasi tersebut juga jauh dari pusat perdagangan. Apalagi kendaraan roda Empat, seolah mustahil bisa sampai di dusun Crabak-Guwo.
Mayoritas penduduk di dusun Crabak-Guwo adalah petani. Kondisi jalan yang buruk tersebut menghambat pemasaran hasil panen mereka dan otomatis berakibat pada kurang lancarnya perekonomian warga dusun Crabak-Guwo.
Meskipun mayoritas warga di sana sudah memiliki sepeda motor, namun hal ini dirasakan warga kurang efektif, efisien, dan kurang ekonomis. Pak Kamto, salah seorang warga dusun Crabak-Guwo mengungkapkan, “dulu kalau saya panen besar, misalnya saja panen jagung, jika mau menjual harus diangkut dulu ke dekat jalan besar biar bisa diangkut mobil pick up punya pedagang dan waktu mengangkut tepi jalan besar saya harus bolak balik naik motor”.
Sekarang Pak Kamto dan warga dusun Crabak-Guwo tidak perlu lagi melangsir hasil panennya menggunakan sepeda motor seperti dulu yang memakan waktu lama. Karena  saat ini jalan menuju dusun Crabak-Guwo sudah bagus dan mobil pick-up yang biasanya mengangkut hasil panen sudah bisa masuk ke dusun Crabak-Guwo.
Pembangunan jalan dusun Crabak-Guwo ini terwujud atas bantuan dana dari PNPM. Terwujudnya jalan di dusun Crabak-Guwo tersebut atas pengajuan proposal oleh warga masyarakat. Dengan swadaya masyararakat yang telah disiapkan, maka setelah  dana dari PNPM cair proses pembangunan jalan dusun Crabak-Guwo dan dusun Babadan berjalan dengan baik sesuai waktu yang ditentukan serta tepat sasaran.
 (Penulis : Cah Ngrandu Suruh)

0 comments:

Posting Komentar